LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK SISWA SMP
Oleh Andriana Manulang
Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang mengajarkan siswa dari suatu hal yang tidak tahu menjadi tahu. Sekolah dapat menjadikan siswa memiliki pendidikan yang baik dan dapat menciptakan perilaku. yang positif. dan juga dewasa. Layanan Bimbingan Karir untuk Siswa SMP Kelas IX memiliki tanggung jawab yang besar mengenai perubahan kepada siswa mengenai perkembangan siswa yang optimal. Sekolah memiliki kewajiban untuk membantu mengatasi siswa yang memiliki masalah dalam perkembangan pendidikannya selama siswa masih berada di lingkungan sekolah dengan maksud belum lulus sekolah atau masih menjadi tanggung jawab sekolah. Siswa yang sedang memiliki masalah yang berkaitan dengan pendidikan, dapat dibantu dengan cara memberikan layanan bimbingan konseling oleh guru bimbingan konseling. Setiap sekolah pasti akan memiliki guru bimbingan dan konseling, karena peran guru bimbingan dan konseling sangat di butuhkan di setiap sekolah. Peran guru bimbingan dan konseling sangat membantu sekolah untuk mengatasi siswa yang sedang memiliki masalah. Guru bimbingan dan konseling merupakan salah satu faktor untuk mengembangkan perkembangan siswa dengan memberikan layanan bimbingan konseling.
Layanan bimbingan konseling yang di berikan oleh guru BK ada tiga, disini peneliti hanya akan membahas satu layanan yaitu layanan bimbingan karier. Layanan bimbingan karier adalah suatu layanan yang di berikan oleh guru BK di sekolah ke siswa yang berisikan informasi mengenai kelanjutan sekolah. Bimbingan karier adalah layanan yang diberikan kepada siswa untuk merencanakan dan mengembangkan masa depan berkaitan dengan dunia pendidikan maupun dunia karir (Hibana S.Rahman 2003: 42). Bimbingan karier merupakan salah satu bentuk bimbingan yang wajib di selenggarakan di sekolah karena bimbingan karier dapat membenatu siswa yang kesulitan merencanakan sekolah atau jurusan. Hal ini merupakan masalah serius dan harus mendapatkan perhatian husus dari guru BK agar siswa tidak mengalami kesulitan atau salah dalam memilih jurusan.
TUJUAN BK KARIR
Tujuan umum bimbingan dan konseling karir di SMP/SLTP adalah memberikan kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri secara aktif dalam suatu proses yang dapat mengungkapkan berbagai macam karir. Melalui proses tersebut diharapkan siswa menyadari dirinya, kemampuannya, dan hubungan antara keduanya dengan berbagai karir dalam masyarakat. (1)
FUNGSI BK KARIR DI SMP
Adapun fungsi bimbingan dan konseling karir di SMP adalah:
- Memberikan arahan kepada siswa agar mempunyai wawasan awal yang objektif tentang pendidikan lanjutan dan lapangan pekerjaan.
- Memberikan bekal tambahan dalam melalui masa peralihan yang sistematis dari status siswa menjadi anggota masyarakat yang produktif.
- Memberikan kesempatan untuk mengenal serta membina sikap, minat, dan nilai terhadap dunia kerja. (2)
PRINSIP PELAKSANAAN BK KARIR
Adapun prinsip pelaksanaan BK Karir adalah:
- Bimbingan karir ditujukan bagi semua siswa (individu) baik di taman kanak-kanak (TK), SD, SMP, SMA atau pendidikan dewasa.
- Bimbingan karir merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa (individu) yang sedang dalam proses berkembang.
- Bimbingan karir menekankan pada hal-hal yang positif.
- Hakikat pola karir ditentukan oleh tingkat sosial ekonomi orangtua peserta didik, kemampuan mental dan ciri-ciri kepribadian.
- Bimbingan karir merupakan usaha bersama.
- Informasi mengenai karir akan membantu dalam pemilihan karir.
- Setiap karir memerlukan pola khas daripada kemampuan, minat dan sifat kepribadian.
- Informasi mengenai diri sendiri berpengaruh terhadap pemilihan karir.(3)
TEKNIK DAN KEGIATAN BK KARIR DI SMP
Sebagaimana halnya dalam BK Karir di SD yang memiliki strategi BK Karir, kegiatan yang sama juga dimiliki oleh sekolah menengah pertama. Ternik tersebut dikelompokkan kedalam tiga kelompok besar, yaitu:
- Curriculum infusion
- Decision-making and Acquistion of Career Information
- Community Invelvement (4)
MATERI POKOK BIMBINGAN KARIR DI SMP
Ada lima materi pokok bimbingan dan konseling karir di SMP, yaitu:
- Pengenalan konsep diri berkenaan dengan bakat dan kecenderungan pilihan karir/jabatan serta arah pengembangan karir.
- Pengenalan bimbingan karir khususnya berkenaan dengan pilihan pekerjaan.
- Orientasi dan informasi jabatan dan usaha untuk memperoleh penghasilan.
- Pengenalan berbagai jenis lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki tamatan SMP.
- Orientasi dan informasi pendidikan menengah sesuai dengan cita-cita melanjutkan pendidikan dan pengembangan karir.(5)
STRATEGI LAYANAN KONSELING KARIR DI SMP
Strategi yang digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling karir adalah dengan konseling kelompok dan diskusi kelompok. Tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.
Selain strategi yang telah diuraikan strategi pelaksanaan pada layanan dasar dapat berupa klasikal, bimbingan kelompok, pada layanan responsif meliputi konseling kelompok, konseling individual, konsltasi, sedangkan pada perencanaan individual dapat berupa konseling individual, dalam bimbingan kelompok atau klasikal dapat diberikan dengan cara berkunjung ke perindustrian, mengikuti pemeran-pemeran tentang karir, mencari informasi tentang jenjang pendidikan selanjutnya. Sedangkan dalam konseling kelompok dan konseling individual dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan dari siswa (dapat bersifat insidental).
Menurut Sears-Jones menambahkan tentang strategi tentang yang dapat digunakan untuk memberikan layanan konseling karir pada siswa SMP antara lain:
- Siswa dapat menggunakan waktu fungsinya dengan bekerja pada orangtuannya.
- Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolahnya. (6)
PENUTUP
Bimbingan karir di SMP merupakan kelanjutan dari bimbingan karir di SD, Bimbingan dan konseling karir di SMP merupakan proses bantuan yang diberikan oleh konselor sekolah kepada siswa dalam rangka pemberian informasi tentang karir sehingga dapat membina sikap dan apresiasinya terhadap jenis pendidikan, jenis pekerjaan, sehingga muncul kesadaran pada diri siswa untuk memilih pekerjaan dan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki.
Tujuan BK Karir di SMP adalah memberikan kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri secara aktif dalam suatu proses yang dapat mengungkapkan berbagai macam karir. Melalui proses tersebut diharapkan siswa menyadari dirinya, kemampuannya, dan hubungan antara keduanya dengan berbagai karir dalam masyarakat.
Fungsi BK Karir di SMP adalahmemberikan arahan kepada siswa agar mempunyai wawasan awal yang objektif tentang pendidikan lanjutan dan lapangan pekerjaan.
Prinsip pelaksanaan BK Karir adalah bimbingan karir ditujukan bagi semua siswa (individu) baik di taman kanak-kanak (TK), SD, SMP, SMA atau pendidikan dewasa, bimbingan karir merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa (individu) yang sedang dalam proses berkembang, bimbingan karir menekankan pada hal-hal yang positif.
DAFTAR PUSTAKA
Hadiarni. Konseling Karir. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press. 2009.
Nathan Robert dan Linda Hill. Konseling Karir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.
Sukardi Ketut Dewa. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.
Walgito Bimo. Bimbingan dan Konseling Studi dan Karir. Yogyakarta: ANDI. 2010.
http://BK13101.blogspot.co.id/2015/01/Konseling
http://BKKarir.blogspot.co.id/2013/05/BimbingandanKonseling
http://Yulliasurriaunnes.blogspot.co.id/2012/2013
[1] Bimo Walgito, Bimbingan dan Konseling Studi dan Karir, (Yogyakarta: ANDI, 2010), h.202
[2] Hadiarni, Konseling Karir, (Batusangkar: STAIN Batusangkar Press, 2009), h. 193
[3] Robert Nathan dan Linda Hill, Konseling Karir, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)
[4] Hadiarni, Konseling Karir, (Batusangkar: STAIN Batusangkar Press, 2009), h. 195
[5] Ibid, h. 198
[6] http://BK13101.blogspot.co.id/2015/01/Konseling